Galery Onthel Madura

#Toko Online Paling Murah
#Sponsor Link Tilter

Mengenal Lebih Dekat Tentang Sepeda Batavus, Para Onthelis yang budiman, tak jarang orang yang bisa mengendarai atau mampu mengayunkan bedal sepeda onthel akan tetapi tidak bisa mengenal apa yang di kendarainya, mulai dari merk Sepeda, Tahun Produksi Sepeda, Perusahaan Pembuat Sepeda atau Bahkan Pencipta Sepeda Itu Sendiri.

Pada Postingan ini dengan Mengenal Lebih Dekat Tentang Sepeda Batavus akan mengulas sejarah daripada Sepeda Onthel Batavus yang realitanya dekat dengan kita atau bahkan kita memilikinya.

Sejarah Perusahaan

Andries Gaastra (lahir 1880) memulai usahanya bersama sang isteri Dientje pada 15 September 1904 sebuah perusahaan jam tangan dan mesin jahit. Gaastra dilatih sebagai tukang reparasi jam dan sebelumnya bekerja untuk sebuah perusahaan di daerah itu. Semangat kewirausahaan yang dipimpin dia dan istrinya membentuk sebuah perusahaan swasta, yang terletak di gedung baru di pusat kota Heerenveen. Awalnya mereka mulai dengan satu toko di sini, tapi bangunan ini akan segera menjadi rumah untuk jenis perdagangan barang. Impor dan dijual kembali (sering untuk grosir) berkembang menjadi bisnis inti, dikombinasikan dengan perakitan sepeda.

Tak lama setelah dimulainya perusahaan, Gaastra mulai mengimpor sepeda dari Jerman. Di pasar yang tumbuh cepat untuk sepeda (sekitar seratus tahun lalu, yang penuh persaingan) ada tawaran besar dari Jerman, Perancis dan Inggris, yang kala itu mengabaikan sisi patriotik seorang belanda. Gaastra bertemu secara teratur di Leipziger Messe dan melakukan bisnis sepeda dengan merk Jerman "Presto" dari Chemnitz. Impor ini berjalan dengan baik, dan pada tahun 1913 ia menjadi importir merek ini.

Tidak jelas di mana tahun sepeda Batavus pertama bernama dirakit atau Batafus. Pada tahun 1909, nama merek Batafus terdaftar secara hukum. Nama merk ini baru beken dan dikenal pada tahun 1911. namun, di bawah merk dagang ini, Gaastra masih menjual mesin jahit dan bagian-bagian sepeda (misalnya lampu karbid). Dalam penelitian kami, semua kasus yang melibatkan artikel yang berasal dari tempat lain, nama atau Batavus Batafus sudah banyak diterapkan.
Masih belum jelas alasan penggunaan simultan dari nama dan Batavus Batafus. Kedua nama yang digunakan berdampingan sejak 1910. Platmerk atau emblem akrab dengan nama Batafus. Namun, Sejak 1924, barulah sepeda merk Batavus digunakan, meskipun hak untuk merek pada tahun 1929 Batafus diperpanjang. Sungguh luar biasa bahwa kami menemukan pada sepeda tua milik Gorredijk, di hub depan, merk Batafus tertera, namun emblem/merkplat nya bernama Batavus. Gaastra mungkin sengaja memversifikasi dan mencari kedua nama bersebelahan.

Usaha di bidang perdagangan dan perakitan sepeda berjalan dengan baik pada tahun 1916, kemudian perusahaan mengangkat Gaastra. Diputuskan untuk lebih fokus pada produksi sepeda pada tahun 1917, dan mulai merakit dan membeli sepeda berbahan nikel dari Phoenix di Heerenveen, yang sudah ada sejak 1895. Fasilitas nikel yang dijual sebagai nama merek Phoenix. yang kemudian Mr Strasberg dari Leeuwarden membeli nama ini dan mulai tahun yang sama pabrik Phoenix didirikan di Leeuwarden.

Pada tahun 1921 Gaastra mempunyai sekitar 20 staf yang dipekerjakan, termasuk beberapa perwakilan yang berkelana ke seluruh negeri. Sebagai perbandingan, saat itu Fongers dan Simplex mempunyai lebih dari tiga ratus karyawan. Meskipun produksi dalam negeri meningkat secara signifikan, hal ini diperkirakan tidak lebih dari beberapa ribu sepeda  per tahun.

Pada tahun 1928, Gerrit Gaastra memimpin departemen produksi langsung. Periode ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sepeda Phoenix, dan kemudian memproduksi sendiri semua perangkat dengan nama Batavus. ada juga Sub-merek Batavus saat tahun dua puluhan dan tiga puluhan, yaitu : Galvano, Arie Scheffer dan Armada.Sekitar 1930 memulai produksi mesin sepeda (moped) tahap pertama (125 cc). Produksi mesin adalah skala kecil dan akan berlanjut sampai sekitar 1950.
 dan dimasa tahun tersebut (yang sangat sulit) Batavus malah mencoba memproduksi alat-alat ice skating. Produk ini mencapai penjualan 50.000 unit per tahun. namun Pada tahun 1954, tidak memproduksi lagi.

Juga berkat diferensiasi produk, Batavus di tahun tiga puluhan terus tumbuh dan berkembang, sehingga perusahaan pada tahun 1940 mempunyai 120 jumlah staf. Selama tahun-tahun perang, banyak karyawan dipindahkan ke Jerman. Produksi di Heerenveen perlahan-lahan terhenti. Pada tahun 1945 hanya ada 30 karyawan di pabrik. kemudian  pendiri perusahaan, Gaastra meninggal pada tahun yang sama dan kepemimpinan beralih ke putranya Hans. Pada tahun-tahun sesudah perang, produksi secara bertahap dilanjutkan, dengan kelangkaan bahan merupakan faktor penghambat yang serius.Pimpinan perusahaan memutuskan pada tahun 1949 untuk memulai produksi sepeda motor. Model ini diperkenalkan Bilonet (disebut juga moped) yang kemudian menjadi sukses besar. Pada tahun 1950 Hans Gaastra meninggal dalam kecelakaan mobil. kemudian digantikan oleh anaknya, Di bawah kepemimpinannya perusahaan akan menyebarkan percepatan pertumbuhan dan membuat lompatan ke puncak industri sepeda Belanda.

Awal lima puluhan, tidak hanya meningkatkan produksi sepeda, produksi moped pun untung besar.pada tahun 1954 perusahaan malah memutuskan membangun pabrik baru di desa Oudeschoot diselatan Heerenveen. Ini pabrik baru, dengan luas sekitar 6.000 meter persegi, dibuka pada tahun 1956. Perusahaan ini sekarang memiliki 350 karyawan, namun masih lebih kecil daripada pesaing lainnya seperti Simplex dan Gazelle.

Perusahaan ini melakukan sebuah akuisisi besar-besaran pada tahun 1958 dengan membeli merek Bato di Tiel. Merek Batavus memiliki reputasi tertentu untuk model sportfietsen.  merek ini pun mempertahankan dan model sportfietsen yang membuatnya sangat terkenal. Batavus merupakan salah satu merek pertama yang berfokus pada segmen sport. Sementara mengendarai dengan ukuran roda yang lebih kecil dan sistem kinetik Periode akhir lima puluhan mulailah dengan ekspor sepeda Batavus ke Amerika Serikat dan Indonesia. Produksi terus tumbuh, tetapi pada awal tahun enam puluhan banyak produsen umengalami masalh soal gaji. pada tahun 1963 Gazelle dan Batavus memutuskan untuk bergabung dengan alasan efisiensi. Namun, perbedaan pendapat antara diantara eksekutif mereka membuat merger ini dibubarkan lagi pada bulan Juli 1965, Era ekspansi akhirnya tiba dan di tahun enam puluhan peta perubahan industri sepeda Belanda berubah secara dramatis.

Perusahaan terus tumbuh dan kemudian pada tahun 1967 memulai produksi furnitur baja untuk rumah sakit, yang aktivitas dihentikan lagi pada tahun 1975. Pada tahun 1969 Batavus mengakuisisi Magnet di Weesp, pada tahun 1970 Batavus juga mengakuisisi Group PFG (Phoenix, Fongers, Germaan). Dengan akuisisi ini, semua pabrik terkonsentrasi di Heerenveen. Dan dengan akuisisi inilah yang akan Batavus salah satu produsen terbesar di Belanda. bahkan produksi Moped dalam periode ini mencapai puncaknya, sekitar 70.000 unit per tahun.

Pada tahun 1971, perusahaan ini bergabung dengan kelompok Laura Limburg. Diharapkan dengan cara ini perusahaan lebih luas dan maju. Sementara itu, perusahaan memiliki luas lantai 24.000 meter persegi. Ada rasionalisasi terus-menerus dari produksi, yang diperlukan dalam pasar yang sangat kompetitif untuk bertahan hidup. Pada tahun 1974 Gerrit Gaastra berhenti dari perusahaan dan mengakhiri hegemoni Gaastra. Pada tahun yang sama diluncurkan pabrik Batavus dengan perusahaan baru Koga Miyata oleh sang cucu Andrew (yang 'pergi' dari Gaastra). Tahun ini, perusahaan memiliki sekitar 650 karyawan, Pada tahun 1979, peringatan 75-tahun. Perusahaan ini sekarang membuat sekitar 250.000 sepeda per tahun, sementara produksi sepeda motor telah menurun menjadi 12.000 unit.

Pada tahun 1978, Batavus memiliki club sendiri dengan majalah sendiri, "Berita Batavus". Sementara itu, produksi sepeda motor semakin turun pada tahun 1984. kebalikannya, Tahun ini produksi sepeda menghasilkan angka: Lima Juta unit. Hal ini tidak baik dengan kondisi perusahaan, yang mengarah ke kebangkrutan pada tahun 1986. Setelah dimulai lagi dengan 200 karyawan. produksi di awal tahun delapan puluhan. Dipimpin oleh Hans Wezenaar, perusahaan sejak tahun 1987 sebagai bagian dari Kelompok Siklus Atag memiliki pertumbuhan yang kuat.

Pada tahun 1994, dirayakan pesta ulang tahun ke sembilan puluh di stadion es Thialf. Pada tahun 1997 Gerrit Gaastra meninggal pada usia 88 tahun.Pada tahun yang sama, lebih dari perhatian pada fakta bahwa Batavus memproduksi 8.000.000 sepeda.

Pada tahun 1998, Grup Accell membentuk perusahaan yang terdaftar independen. Batavus mengakuisisi: Koga Miyata, Hercules, Lapierre, Winora, Hadee, HUNLAND, Mercier dan Sparta (1999). Baru-baru ini merek Swedia Kronan juga diakuisisi oleh Batavus.

Batavus yang sudah seratus tahun lebih bertahan dalam kondisi yang baik. dan menjadi salah satu merek terkemuka di Belanda dan bagian dari produsen sepeda terkemuka di Eropa.

Nah sudah kenal kan dengan Sepeda yang sering kita ayun setiap kegiatan onthel bersama atau bahkan saat santai bersepeda. Semogabermanfaat. Amin

0 komentar:

Posting Komentar